Rabu, 01 April 2015

Penerapan Green Productivity Dalam Peningkatan Produktivitas Perusahaan



Produktivitas merupakan salah satu faktor penting yang sangat diperhatikan oleh perusahaan karena produktivitas sangat mempengaruhi proses kemajuan dan kemunduran dari suatu perusahaan. Ketika produktivitas perusahaan meningkat hal itu berarti kesejahteraaan dan mutu perusahaan juga meningkat.

Apa yang dimaksud dengan produktivitas?
Menurut International Labour Organization (ILO) mengungkapkan bahwa secara lebih sederhana maksud dari produktivitas adalah perbandingan secara ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan dan jumlah setiap sumber yang dipergunakan selama produksi berlangsung.

Dalam konteks ini esensi pengertian produktivitas adalah sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini (Kusnendi, 2003)

Oleh karena itu, perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan produktivitasnya dengan berbagai metode yang tepat. Salah satu pendekatan  yang digunakan adalah dengan metode green productivity. Melalui green productivity, perusahaan mampu mencapai dan meningkatkan produktivitasnya dan sekaligus menurunkan dampak lingkungan sebagai upaya pembangunan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, green productivity ini sedang popular di negara – negara berkembang khususnya bagi negara yang menjadikan aspek lingkungan menjadi isu penting dan strategis yang harus disikapi dengan baik.

Konsep green productivity dikembangkan oleh Asian Productivity Organization (APO) pada 1994 dengan tujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap peningkatan produktivitas dan kaitannya dengan permasalahan lingkungan. APO mendefinisikan green productivity (GP) sebagai suatu strategi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan melestarikan lingkungan secara bersamaan untuk pembangunan sosial – ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan tools, teknik dan teknologi yang tepat guna untuk mengurangi dampak aktivitas perusahaan terhadap lingkungan. Konsep GP menitikberatkan pada pengoptimalan penggunaan ruang, tenagakerja, energi, bahan baku dan semua faktor produksi yang digunakan.


Keuntungan penerapan Green Productivity (GP) :

Implementasi GP akan memberikan manfaat pada jangka menengah dan jangka panjang. Keuntungan penerapan GP akan dirasakan dampaknya oleh produsen begitu juga  dengan konsumennya. Keuntungan yang dirasakan beberapa diantaranya adalah peningkatan efisiensi sumberdaya yang digunakan, biaya produksi yang lebih rendah, pengurangan biaya yang dikeluarkan untuk pengolahan dan pembuangan limbah produksi, dan kualitas produk yang lebih baik.

Menerapkan GP akan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Ketika perusahaan sudah dengan benar menerapkan green productivity, produktivitasnya secara signifikan akan meningkat hal ini akan berdampak pada peningkatan pangsa pasar perusahaan dan hasil akhirnya adalah laba perusahaan akan meningkat.

Implikasi penerapan green productivity ini akan besar dirasakan oleh negara berkembang dengan keterbatasan teknologi dan sumberdaya yang dimiliki. Menerapkan GP juga mempersiapkan perusahaan untuk peningkatan daya saing dalam memasuki pasar internasional dan menghadapi globalisasi dimana perusahaan akan lebih dituntut untuk dapat memenuhi ekspektasi standard internasional terhadap produk yang mereka hasilkan.

Selain perusahaan dan konsumen perusahaan, karyawan dari perusahaan yang menerapkan GP juga akan merasakan manfaat dari penerapan GP, selain dilakukan perbaikan pada tempat bekerjanya menjadi lebih nyaman, karyawan tersebut juga akan dilakukan perbaikan terus menerus dari sisi kesehatan dan keselamatan kerjanya.

Program green productivity tidak hanya dapat diterapkan di sektor industri / manufaktur, namun dapat juga diterapkan di sektor pertanian dan juga jasa pelayanan bahkan masyarakat umum sekalipun dapat menerapkannya.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut penerapan green productivity (GP) dapat menghubungi kami
Jasa Konsultan Productivity / Jasa Konsultan Manajemen Produktivitas Perusahaan
0811.8403.909 / email : sienventy@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar