Kamis, 02 April 2015

Konsultan ISO 14001 – EMS ( Environmental Management System ) / Sistem Manajemen Lingkungan



Dalam menjalankan proses bisnisnya, perusahaan berpotensi menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan. Dampak yang dimaksud adalah dampak biologi, fisika, kimia dan juga dampak sosial. Contoh dari dampak tersebut adalah terjadi pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan anekaragam hayati, pengurangan cadangan air tanah. Dampak negative ini pada akhirnya dapat memberikan risiko terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan.

Demi keberlanjutan bisnis perusahaan maka perlu adanya komitmen perusahaan dalam menjaga kinerja lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan manajemen lingkungan. Manajemen lingkungan oleh organisasi International Standard menyebutnya sebagai ISO 14001 atau Environment Management System (EMS) / Sistem Manajemen Lingkungan (SML).

Keberadaan kelompok ISO 14000 ditujukan untuk berbagai aspek pengelolaan lingkungan.  Di dalam ISO 14001 terdapat tools praktis untuk perusahaan dan organisasi dalam mengidentifikasi dan mengendalikan dampak lingkungan dari aktifitas perusahaan dan secara konsisten meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.  ISO 14001 : 2015 fokus pada sistem manajemen lingkungan. Sementara seri lainnya dari ISO 14000 spesifik pada aspek lingkungan seperti analisis daur hidup, komunikasi dan audit manajemen lingkungan.

ISO 14001 : 2015 menetapkan kriteria untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dan sistem ini dapat disertifikasi. Standard ISO 14001 seri tahun 2015 disusun untuk dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi perusahaan dalam mendesain sistem manajemen lingkungan yang efektif dan tepat guna untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Standard sistem manajemen lingkungan ini dapat digunakan oleh semua perusahaan tanpa memperhatikan aktivitas bisnis dan sektor usahanya. Menerapkan ISO 14001 dapat memberikan jaminan kepada manajemen perusahaan dan karyawan serta stakeholder bahwa dampak lingkungan terukur dan dapat diperbaiki.

Berikut manfaat penerapan ISO 14001 :
  • Perlindungan terhadap dampak lingkungan dari pencemaran yang disebabkan aktifitas perusahaan
  • Meningkatkan daya saing perusahaan 
  • Penurunan biaya dalam pengelolaan limbah perusahaan
  • Penghematan sumberdaya (cost saving)
  • Meningkatkan citra perusahaan dimata pemerintah, konsumen dan masyarakat umum
  • Menunjukkan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap kesesuaian terhadap peraturan perundangan yang berlaku
  • Sebagai bentuk komitmen perusahaan ikut serta dalam melakukan perlindungan terhadap lingkungan
  • Memenuhi persyaratan tender


Apakah perusahaan Anda sudah bersiap untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dengan ISO 14001 – Sistem Manajemen Lingkungan?
Silahkan menghubungi kami sebagai ahli / Jasa Konsultan dan Training ISO 14001
Telp : 0811 8403 909
Email : sienventy@gmail.com

1 komentar:

  1. This post is really nice and informative. The explanation given is really comprehensive and informative..

    ISO 50001 Certification

    BalasHapus